Monday, August 27, 2018

Liburan Musim Panas Hongkong-Macau (Agustus 2018) Part 3 End

24 Agustus 2018 (Tadinya Mau Ke ShenZhen)

Ini hari terlucu sepanjang sejarah perjalanan aku & Yeni ke HK Macau. Jadi kan, kita uda rencanain ni harus ke ShenZhen yah. Sampe kita udah beli Yuan (mata uang Cina), searching transportasi, dll. Tapi untungnya kita belom beli tiket online untuk Windows of the World and Splendid of China (icon wisata di ShenZhen), karna kita pikir takut ga dapet Visa on Arrival.

Tiba di hari H, kita brangkat dari hongkong ke MTR Lou Wu jadi itu adalah pemberhentian kalo pada mau pegi ke ShenZhen. Di Lou Wu, kita ikutin aja orang-orang yang pada keluar karna mreka pasti mau ke arah imigrasi Hongkong-ShenZhen. Trus kita ikutin kan.. ikutiin teruss.. dan tibalah kita di imigrasi ShenZhen. Itu kira-kira jam stengah 9an. Sampe di depan kokoh imigrasi nya, passpor saya di cek. FYI yah, petugas imigrasi HK dan ShenZhen beda banget. Klo di HK orang2nya terkesan sigap tapi klo di ShenZhen, sering banget si kokoh nguap.. ada kali 10 kali nguap. hahahha.. Trus yah si kokoh nanya, lu punya visa mana (pake bahasa sono lah ya). Trus saya bilang blom urus koh.. saya langsung masuk antrian imigrasi kok. Dan alhasil saya disuruh urus visa ShenZhen dlu. Duengg.. Jadi ternyata, alur nya itu harus urus visa sebelum masuk antrian imigrasi.. Yah.. daritadi ngapa koh bilang nya. Mana udah ngantri stengah jam. Jadi ya pemirsa, ShenZhen rada beda ni dari HK. Klo di HK smua petunjuk jelas banget kita mesti ngapain dlu. intinya alur nya jelas. Tapi di ShenZhen, tulisan urus visa itu nyempil di pojokan kanan atas. Yah eke kan mana tau ya beib. ckckck.

Singkat cerita, aku dan Yeni ga bisa dapet Visa on Arrival langsung di ShenZhen. katanya sih udah ga bisa lagi. Jadi klo mau ke ShenZhen, harus urus Visa Cina dari Indonesia atau dari Hongkong. Yaudah deehhh.. kita balik lagi ke Hongkong.... Ditolak ShenZhen itu rasanyaa.. Sakiitt beiib... hati ini terkoyak #lebayyy.

Trus yaudah deh kita jalan-jalan di Hongkong ke Wong Tai Sin Temple. Kata Yeni ini temple tertua di Hongkong. Cara nya adalah dari MTR Lou Wu kita ke MTR Wong Tai Sin. Tapi yah, untung ga jadi ke ShenZhen jadi kita bisa explore tempat unyu2 di HK. aseeekkk...

Keluar dari MTR, ada Temple Mall gitu di Wong Tai Sin. Dan tau ga sih, Temple Mall ini menyenangkan banget beiib. Karna harga barang nya murah2 cocok sama kantong eke yang tipis. Dari mulai makanan (resto recommended: Nice Gift), toko baju (toko CLT recommended bgt), sampe bazar makanan dan oleh2 gitu di tengah mall. Jadi Mall ini ibarat mangga dua di gedung Mall Gandaria City lah.. okez bangett.. Selesai belanja belanji, kita pergi ke Wong Tai Sin temple yang letak nya tinggal ngesot ajah dari Temple Mall. Dan temple nya itu yah.. kerennn sihh dan gedee.. Kudu kesini pemirsa...

Di perjalanan beli Milkis - Yakult ada Soda nya gitu - Enakk

Sebagian View dari Wong Tai Sin Temple
Selesai dari Wong Tai Sin Temple, kami pergi ke Tsim Shah Sui. Ngapain coba? Nyobain puding mangga... hahah.. Jadi ada ni tempat terkenal buat nyobain puding mangga yang katanya wajib di coba. Namanya Hui Lau San (kira2 tulisan nya begini lah ya). Itu ada puding mangga harga nya HKD 25. Rasanya? hmm. klo mnurutku puding Puyo jauh lebih enak. Tapi gapapa cobain ajah. Soalnya lidahku udah banyak ketepa sama micin jadi kurang objektif #apaansihh. Btw, sebelumnya kita juga sempet jalan2 ke Sham Sui Po buat nyobain Dim Sum Tim Hou Wan. Banyak orang yang rekomendasiin Dim Sum inih.. jadi ga ada salah nya buat mencobaa... 😍

25 Agustus 2018 (Stanley Beach dan Sekitarnya, Ladies Market, Temple Market)

Hari ini kita menuju ke Stanley Beach. Jadi, yang aku pelajarin dari HK itu mreka itu care banget sama daerah-daerah yang di pelosok. Daerah Stanley ini menurutku lumayan di pelosok yah. Tapi di bangun sedemikian rupa trus di lengkapin sama Mall, akses jalan, rumah2 mewah, dll jadi daerah ini tetep rame dan jadi daya tarik wisata.

Untuk ke Stanley Beach ini kita ke MTR Central dulu trus naik bis nomor 6 ke Stanley. Bis ini ada 30 stops gitu tapi ga berasa ko. Skitar 1 jam an kita udah sampe di Stanley. Di sini kita mengunjungi Murray House (isi nya ada H&M yang suka bagi2 sale, resto mewah ga tau namanya apa), Tin Ho Temple (Temple nya Dewi Kuan Im), Stanley Plaza, Stanley Market, Black Pier (kaya pavilion gitu). Tapi karna kita berenti di pemberhentian terahir, alhasil kita ga dapet pantai yang jadi icon nya nih. Harusnya berenti di satu pemberhentian sebelum pembehentian bus trahir (lupa namanya apah). Klo berenti di tempat itu, kita langsung menuju ke pantai dan bisa liat Tin Ho temple yang ada patung Dewi Kuan Im yang besar dan megah. Tapi no problem ko, tempat kita berenti juga kece..

Selesai dari Stanley, kita lanjut ke Ladies Market buat beli oleh-oleh trus ke Temple Market. Bedanya adalah Temple Market baru pada buka jam 6 sore. Klo Ladies Market jam 6 sore udah tutup. Penjual nya juga lebih banyak di Ladies Market ketimbang Temple Market dan lebih agresif... Mann.., saya cuma ngeliat barang ajah (ga nyentuh, ga mampir ke toko nya) udah di tarik tarik sama penjual nya dong.. Penjual: gua tau lah lu mau beli, ni gua kasih harga murah. spesial buat lu. Saya: ga mba makasih engga usah. Penjual: udah cepetan beli, ni harga murah banget dah. ##pffff...
Oiya, FYI, di HK budaya orang-orang nya bekerja dengan cepat. Kadang mreka juga klo ngasih barang suka di lempar gitu (jangan tersinggung yah) karna itu part of budaya mreka. Tapi mreka baik ko. Trus banyak orang-orang tua yang masih produktif buat kerja. Keren lah.

Balik lagi ke Ladies Market, transportasi kesana cukup mudah kok, tinggal ke MTR Mongkong exit D3. Trus tinggal jalan sedikit dari sana dan sampaaiiiiii... Klo mau ke temple Market bisa ke MTR Jordan trus Exit A, belok kanan trus jalan sedikit then belok kanan sampai deh di temple market.

26 Agustus 2018

Hari ini tiba saat nya berpisah dengan Hongkong.. Hiks.. Tapi sebelum berpisah, saya dan Yeni nyempetin lari pagi di Victoria park yang gede nya najubilee.. bayangin ajah ada 4 lapangan tenis, satu lapangan bola, ada jogging park. Gedeee bangett.. Trus klo pagi banyak opa oma yang lagi senam Tai Chi. indah nyaa... oiya lupa, di causewaybay juga ada Geprek Bensu loh.. nyari nya ga susah ko.
Abis itu, barulah kita siap2 menuju airport and naik bus A11 lagiih kawann... Dan sebelum Check in, kita balikin dulu octopus kita and minta refund sisa uang di kartu sama deposit juga.

Dan ahirnya berakhirlah liburan indah sagita dan yeni kalii iniiihh...

Nantikan cerita selanjutnya yahh...

Tetap di Channel blog iniiihhh

Mamaciih yang sudah baca...... 😊 smoga bermanfaat yaaah