Monday, August 27, 2018

Liburan Musim Panas Hongkong-Macau (Agustus 2018) Part 2

Okeeyy... Lanjut yaah...

21 Agustus 2018 (Ngong Ping)

Ramalan cuaca based on accuweather hari ini hujan petir (ada gambar awan dan dibawahnya gambar petir). Dan plan trip hari ini adalah ke Ngong Ping untuk visit ke Giant Budha dan sekitarnya. Cekidot..

Sebelum pergi ke Ngong Ping, kita cari makan pagi dulu di sekitar hostel. FYI, di causewaybay tempat kita nginep itu tempatnya strategis banget. Cari makan gampang, kanan kiri banyak tenant2 barang branded, ada Sasa, Bonjour, mannings, deket victoria park lagi.. hehe. Oiya, kita bikin budget sekali makan itu HKD 60 maklum harga makanan di HK itu lumayan mahal. Tapi pada kenyataanya, banyak kok makanan yang below budget kita. Contoh nya makan pagi di McD dengan harga around HKD 30an.

Nah, untuk ke Ngong Ping aku dan Yeni pergi ke MTR Tung Chung (HKD 23 sekali jalan dari causewaybay) Trus keluar di Exit B (ikutin petunjuk yang ke Ngong Ping). Untuk pergi ke Ngong Ping, ada beberapa pilihan ni dari MTR Tung Chung. Bisa naik cable car, bisa juga naik bis. Cuma karna kita mau hemat, kita naik bis jurusan lantau atau Polin Monastry setelah keluar dari MTR Tung Chung. Harga bis nya skitar HKD 17.2 weekdays one way (weekend HKD 27 one way) - dan bisa pake octopus card.

Perjalanan dari MTR Tung Chung ke Ngong Ping dengan bis memakan waktu skitar 1 jam. Tapi kita bisa liat pemandangan bagus di sepanjang perjalanan. Waktu sampai di Ngong Ping, cuaca nya berkabut tapi anget man.. Ujan nya cuma skali aja dong.. bentar doang. luar biasa yah.. haha.

Lanjut, di Ngong Ping ada beberapa tempat wisata nih diantara nya Tian Tian Budha (Big Buddha), Polin Monastry, dan Wisdom Path. Kali ini untuk masuk ke Tian Tian Budha, ada tiket masuk nya HKD 45. Tapi itu worthied banget ko.. karna tiket itu udah termasuk museum di dalam Tian Tian Budha dan makan siang vegetarian (lengkap dengan dessert nya). Mantaapzz...

Tian Tian Budha

Untuk menuju ke Tian Tian Budha kita harus menaiki anak tangga yang lumayan banyak. Tapi setelah menaiki tangga tersebut, kita bakal liat pemandangan indah dari atas, dan patung Budha yang besar. Kalau boleh saya gambarkan, mungkin perjalanan sulit menaiki anak tangga ini punya filosofi tersendiri yaitu (menurut teman saya yang beragama Budha) manusia harus berjuang untuk mencapai kesempurnaan seperti Budha. (Indahnya mendengar sharing agama dari teman2 sekitar).
Setelah turun dari Tian-Tian Budha, kita bisa berkunjung ke Polin Monastry yang letak nya masih satu komplek dengan Big Budha ini. Lalu di dekat Polin Monastry ada juga temple for thousand Budha.
Polin Monastry
Selesai dari sana, jangan lupa tuker kupon makan siang di cafe vegatarian yang sudah include dengan tiket masuk HKD 45 itu. Setelah makan, kita lanjut ke Wisdom Path dimana untuk mencapai nya kita berjalan dlu menyusuri path melintasi hutan2 kece sekitar 15 menit. Trus sampai lah kita di Wisdom Path.
Wisdom Path
Sebelum kita naik bis pulang, aku dan Yeni sempetin juga jalan di sekitar Ngong Ping market nya. Disana banyak jual souvenir dari harga murah sampai mahal ada smua. 😊. Setelah itu, barulah kita pulang dengan bis yang sama menuju MTR Tung Chung.
FYI, buat yang suka barang-barang branded, kalian bisa ke Citygate yang ada di depan MTR Tung Chung. Disana banyak barang-barang branded yang diskon. Jadi bisa beli dengan harga yang lumayan miring (meskipun saya ga beli, karna harganya masih mahal buat dompet eke 😓).

22 Agustus 2018 (Hongkong Disneyland)

Hari ini kita akan ke Hongkong Disneyland... Yeaayyy... btw, tiket disneyland udah kita beli beberapa hari sebelumnya lewat Tokopedia. Kita pilih beli lewat tokopedia, karna waktu compare harga itu yang paling murah. Dan kita dapet one day pass skitar 800ribuan (klo beli langsung 1 jutaan). Jadi buat kalian yang mau ke Disneyland Hongkong, saran saya mending cari tiket di indo aja trus beli online. Karna sering dapet harga yang lebih murah.

Nah, untuk transportasi nya, kita harus naik MTR ke arah Sunny Bay trus lanjut ke Disneyland. Klo bisa, berangkatnya pagian supaya bisa foto-foto dlu di sekitar disney nya.

Sebelum mulai main di disney, aku sama yeni duduk bareng dlu. Ngapain? haha. jadi kita susun strategi dlu ni. Strategi nya adalah, stengah hari pertama kita nonton show2 disney dulu. Kita catetin jadwal show nya, abis itu baru kita fokus ke permainan nya. Tapi ini fleksibel kok. Klo kalian lebih srek nonton sambil main juga oke.. Pilih strategi yang menurut kalian nyaman aja.
Oiya, sayang nya waktu kita ke disneyland, sleeping beauty castle nya lagi under renovation jadi kita ga bisa liat firework yang muncul sebelum disneyland nya tutup. #sedihbutgapapa.

Yeni di Gapura Disneyland

Karna tiket kita ga termasuk makan, alhasil kita beli lunch di dalem disneyland. Harga makanan di disney lumayan mahal, tapiiii kita dapet porsi sebanding dengan yang kita bayar. Sbagai contoh, saya beli makanan di area deket Tommorow Land (kalian bisa bebas pilih tempat) itu harganya HKD 115 isisnya seporsi nasi gede ada sayur, ayam, pork (saya bisa makan pork) dan minuman. Dan menurut kami untuk harga segitu oke oke aja karna porsi nya segede bagong haha.

Selesai dari Disneyland kita sempetin belanja2 barang-barang lucu disney abis itu baru pulang dengan menggunakan MTR seperti sediakala.
Btw, waktu di disney sempet ujan malem nya skitar satu jam gitu. Dan ada beberapa permainan outdoor yang ditutup sampai ujan reda.

23 Agustus 2018 (The Peak)

Sebelumnya kita rencanain klo tanggal 23 kita pergi ke ShenZhen. Tapi karna kecapean setelah main di disneyland, ahirnya kita memutusin tanggal 23 kita pergi ke The Peak aja yang lebih santai.

Untuk ke The Peak, kita memilih naik bis (lagi-lagi karna lebih murah haha). Sebenernya ada transportasi lain sih, yaitu naik Tram untuk bisa ke puncak tapi harga nya lebih mahal. Menuju ke The Peak dari causewaybay kita bisa memilih bis nomor 15 dari bus stop. Btw, bis apapun nomor 15 menuju ke The Peak (15B, 15C, dll). Tarif nya sekali jalan HKD 9.8 dibanding naik Tram yang tarif nya HKD 45 per orang sekali jalan.

Di The Peak, kita mengunjugi Sky Terrace Mall. Di mall ini, ada Madame Tussaud (museum yang isinya patung lilin dari tokoh-tokoh terkenal) dan toko-toko lainnya. Di Mall ini Yeni beli souvenir-souvenir lucu dengan harga miring di salah satu tenant nya. Trus saya juga beli jam casio dengan harga miring HKD 230. Senangg..
Dari Mall kita ga ke Sky Terrace 360 itu buat liat The peak dari puncak (karna bayar nya mahal haha). Jadi nya kita ke daerah belakang Mall Sky Terrace (deket antrian menuju Tram), disitu ada jalan menuju Lion Pavilion dan itu gratis. Di Lion pavilion kita bisa liat gedung gedung dari The Peak, bisa foto-foto narsis juga. #Menyenangkan.
Selesai dari The Peak, kita lanjut pulang ke hostel dan makan di sekitar penginapan.